Merk susu kambing untuk bayi 0-12 bulan

Susu kambing untuk bayi yang disarankan adalah susu kambing yang telah melalui proses pasteurisasi yaitu proses pembasmian mikroba atau bakteri dalam suhu tertentu. Dari beberapa jenis kambing yang menghasilkan   susu yang baik dan tinggi nutrisi maupun kaya mineral adalah jenis susu kambing etawa.

Kandungan yang baik dalam susu kambing etawa adalah kalsium, kalsium pada susu kambing etawa 6 kali lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Dimana kandungan kalsium sangat dibutuhkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, hingga lansia.

Manfaat susu kambing untuk bayi

Manfaat susu kambing untuk bayi adalah untuk membantu proses tumbuh kembang buah hati anda. Berikut ini kami uraikan kandungan dan manfaat susu kambing pada bayi berdasarkan literatur yang saya temukan:

  1. Kalsium, bermanfaat untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi pada bayi dan mencegah ostioposis pada lansia
  2. Riboflavin (vitamin B2) dan B3, untuk menumbuh kembangkan sel otak dan sel sistem syaraf sehingga baik bagi kecerdasan anak
  3. Anti septik dan antibody alami, kandungan flourine pada susu kambing etawa sebesar 10-100 kali lebih besar dari susu sapi. Flourin berfungsi sebagai antiseptik dan antibody alami dan mampu menekan pembiakan bakteri jahat yang ada didalam tubuh
  4. Alternatif bagi bayi yang alergi susu sapi, gelembung-gelembung lemak yang terdapat dalam susu kambing etawa hanya sepersembilan dari lemak yang ada dalam susu sapi. Oleh karena itu, iritasi pada usus karena mengkonsumsi susu dapat dihindari
  5. Memperbaiki sistem pencernaan, susu kambing memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan dan menekan rasa lapar sehingga dapat mengurangi kinerja yang berlebihan pada sistem pencernaan
  6. Susu kambing membasakan sistem pencernaan, susu ini berisi alkali basa sehingga tidak menghasilkan asam dalam sistem usus

Itulah alasan mengapa susu kambing etawa sangat tepat untuk bayi hingga lansia.

Pertimbangkan kembali sebelum memberikan susu kambing pada bayi

Pada dasarnya susu yang terbaik untuk bayi usia 0 ~ 2 tahun adalah ASI (Air Susu Ibu). Susu kambing sebaiknya diberikan jika bayi sudah diberikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) yakni mulai usia 6 bulan. Bagi ibu yang tidak mengalami gangguan dalam pemberian ASI, maka ASI tetaplah nomor 1, usahakanlah menyusui hingga 2 tahun sebab bagi umat Islam ini sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Baca: 8 Hadis ini membuktikan Rasulullah lebih suka minum susu kambing.

Kalaupun tidak bisa 2 tahun sebaiknya susu kambing diberikan pada saat anak usia 1 tahun ke atas. Atau jika tetap ingin memberikan susu kambing mentah alias raw goat milk maka harus dipastikan memasaknya terlebih dahulu agar terbebas dari bakteri Brucellosis yang biasanya terdapat pada susu kambing mentah.

Informasi yang saya kutip dari rodame.com pada dasarnya susu kambing boleh saja diberikan kepada bayi. Seorang Dietitian Sarah Schenker (expert yang menjawab pertanyaan di website www.babycentre.co.uk) menyarankan agar bayi diberi ASI eksklusif 6 bulan pertamanya. Namun setelah itu boleh memberinya susu kambing formula. Setelah usia anak 1 tahun jika ingin memberinya susu kambing pastikan sudah melewati proses pasteurisasi.

Sementara itu ada juga yang berpendapat bahwa susu kambing segar yang mentah tidak disarankan untuk anak usia kurang dari setahun bisa saja untuk menghindari adanya bakteri pada raw goat milk-nya. Kalau asal minum tanpa memperhatikan kebersihannya justru kan tidak sehat juga. Padahal susu kambingnya baik namun karena pengelolaannya kurang baik jadilah kurang baik hasilnya.

Mengenai bakteri ini, tidak hanya ada pada susu kambing mentah, pada susu sapi mentah pun ada kemungkinan mengandung bakteri jika tidak diproses dengan baik. Itulah sebabnya jika tak yakin bisa mengolah susu kambing mentah (berbentuk cair) dengan baik, ada baiknya memilih memberikan susu kambing yang bubuk yang sudah diproses dengan baik dan lulus SNI (Standar Nasional Indonesia), mendapat izin industri juga lulus sertifikasi Halal MUI.

Saya dan sekeluarga minum susu kambing etawa

Sejak bulan November 2016, saya memutuskan untuk mengganti susu sapi formula anak saya dengan susu kambing etawa. Peralihan konsumsi susu ini berawal dari kekhawatiran anak tetangga yang mengalami penumpukan lemak pada usus akibat minum susu sapi formula yang berlebihan. Alasan lainnya adalah saya harus mengganti pentil dot setiap sebulan sekali karena tumpukan lemak pada pentil dot sangat susah dibersihkan. Saya harus menyediakan 12 botol susu setiap malam untuk 2 orang anak, minimal perbulan harus mengganti 6 pentil dot dikalikan 5000 perak/pentil . Selain itu pada lidah anak saya sering terjadi penumpukan lemak sehingga harus sering membersihkannya.

distributor-skygoat-aceh-web-id

Alhamdulillah, setelah 3 bulan konsumsi susu kambing etawa ternyata anak saya yang umur 2 tahun lebih aktif dan selera makan meningkat dari biasanya. Sudah 2 bulan tidak perlu ganti pentil dot, botol dot lebih gampang dibersihkan karena susu tidak cepat basi jika tidak habis diminum. Beda dengan susu sapi setelah 2 jam terdiam dalam dot bisa basi/bau asam, sedangkan susu kambing kurang dari 4 jam masih belum basi/bau. Walaupun sedikit mahal dari susu sapi tetapi susu kambing lebih hemat.

Cara saya membuat susu kambing satu sachet 20 gram bisa untuk 3 botol dot 300ml diwaktu siang, sedangkan malam hari satu sachet saya jadiin 2 botol saja. Karena susu kambing lebih cepat diserap oleh pencernaan hanya dalam waktu 20 menit. Sedangkan susu sapi butuh waktu 2-3 jam agar penyerapan sempurna.

Merk susu kambing untuk bayi 0-12 bulan

Salah satu produk susu kambing yang disarankan untuk bayi adalah susu kambing etawa bubuk yang diproduksi oleh HPAI dengan merk EGM (Etta Goat Milk). Merk lainnya saya tidak tahu, berikut ini produknya:

Manfaat susu EGM ini sudah dibuktikan oleh teman saya pada anaknya yang berusia 11 bulan, mula-mula anak tersebut sewaktu BAB sangat encer dan berbau khas. Tetapi setalah diberikan susu EGM ini keesokan harinya BAB nya normal (tidak encer dan tidak berbau khas tetapi lembut tidak terlalu keras).

Untuk mendapatkan produk EGM silahkan beli di situs lazada.co.id caranya klik pada gambar produk/buy now.

Jadi mulai sekarang tidak ada salahnya anda beralih ke susu kambing, terutama bagi yang beragama muslim lebih baik mengikuti petunjuk yang disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alahi was sallam. Sekian uraian singkat mengenai Susu kambing untuk bayi 0-12 bulan. Jika anda punya pengalaman serupa silahkan berkomentar.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

96 − = 90