Peternakan kambing etawa sangat menjanjikan di Indonesia

Peternakan kambing etawa terbesar di Indonesia saat ini berada di Kalingesing Purworejo, Bantul, dan Sleman Jogjakarta. Sentra peternakan tersebut sekarang ramai dikunjungi oleh peternak dan calon peternak untuk mendapatkan bibit kambing PE super dan unggulan.

Kambing etawa bernilai ekonomis tinggi sebab tidak hanya menghasilkan susu, tetapi kambing etawa sangat baik sebagai kambing pedaging dan kambing kontes. Produksi daging kambing etawa lebih banyak dari pada kambing kacang.

Rata-rata usia produktif kambing etawa mencapai lima tahun, untuk masa panen berkisar antara 8 bulanan dihitung dari usia bunting 5 bulan dan menyusui 3 bulan. Pada setiap kelahiran biasanya kambing etawa menghasilkan 2 ekor anak. Sehingga kemungkinan setiap 8 bulan induk dapat melahirkan dan anakan yang pertama juga akan melalui masa bunting.

peternakan kambing etawa

Prospek peternakan kambing etawa

Usaha peternakan kambing peranakan Etawa atau yang lebih dikenal dengan kambing PE, sudah menjadi primadona bagi pengusaha peternakan di pulau Jawa, kambing PE memiliki beberapa nilai ekonomis yang tidak dimiliki kambing jenis lain seperti harga susunya bisa laku mahal di pasaran.

Susu kambing etawa menjadi alternatif pengganti susu sapi,  butiran lemak susu kambing PE sangat homogen dan berdiameter mikro sehingga lebih cepat diserap oleh tubuh.  Susu kambing PE juga terbukti membantu penyembuhan penyakit asma, TBC, eksim, mencegah penuaan dini dan osteoporosis.

Data yang saya olah dari www.satujam.com dan www.bisnisukm.com menunjukkan harga jual susu kambing etawa mencapai 4 kali lipat lebih tinggi dari harga susu sapi. Kisaran harga susu kambing PE adalah Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00 per liter. Produksi susu bisa mencapai 1-3 liter per hari jadi peternak dapat meghasilkan tambahan sebesar Rp 60.000 dari susu saja. Sedangkan susu sapi hanya berkisar Rp 5.000,00 per liternya.

Daging yang dihasilkan kambing etawa jantan dewasa bisa mencapai antara 65-90 Kg dan betina antara 45-70 Kg. Kambing etawa juga sangat prospektif untuk usaha pembibitan. Harga anak kambing etawa bisa mencapai 3-5 kali lipat dari harga anak kambing lokal. Pejantan kambing PE banyak digunakan untuk memperbaiki kualitas pedaging lokal.

Kotoran kambing etawa bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan pupuk organik. Sedangkan kulitnya berukuran lebih besar dari kulit kambing lokal, ini lebih disukai oleh pengrajin kulit.

Maraknya kontes kambing PE ini sangat menguntungkan bagi peternak. Biasanya harga kambing PE yang sudah ikut kontes menjadi lebih mahal. Gairah peternak kambing PE ini juga menjadikan sentra peternakan sebagai salah satu tujuan wisata edukasi bagi masyarakat. Di Turi dan Pakem Sleman, beberapa sentra peternakan kambing PE mulai menawarkan fun trip untuk keluarga, kelompok atau sekolah yang berminat dengan wisata edukasi peternakan kambing PE.

Pejabat pun ikut beternak kambing etawa

Dikutip dari liputan6.com, Agus Santoso, Wakil Kepala Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan ( PPATK) telah membuktikan keberhasilannya menjadi pengusaha dengan membuka usaha ternak kambing etawa, di Kawasan Gadog Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Usahanya dimulai sejak 2005

Kini, pria berkumis ini mampu memiliki 40 ekor kambing etawa. Dari jumlah tersebut, baru 12 ekor yang produktif menghasilkan susu. Di mana dalam sehari 12 ekor kambing tersebut memproduksi sekitar 10 hingga 12 liter susu

Dengah harga Rp 45 ribu per liter beternak kambing etawa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan bukan?. Terlebih banyak manfaat yang didapat selain produksi susu, seperti daging kambing, dan anakan kambing yang dapat dijual.

Kambing etawa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini karena permintaan akan susu kambing dari hari ke hari yang semakin meningkat. Negara tetangga kita Malaysia dan Australia juga sedang gencar-gencarnya mengembangkan produk susu kambing. Perkembangan pesat akan permintaan susu kambing tidak lepas dari anggapan banyak orang mengenai manfaat susu kambing yang sangat luar biasa.

Apakah anda berminat memiliki usaha peternakan kambing etawa?

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 81 = 83