10 Nutrisi penting dalam susu kambing etawa Skygoat

Nutrisi penting dalam susu kambing etawa – Susu kambing etawa dihasilkan dari spesies kambing etawa yang berasal dari India. Di negeri asalnya kambing ini sering disebut kambing Jamnapari, susu yang dihasilkan kambing ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Manfaat susu kambing etawa untuk kesehatan sangat banyak diataranya menekan jumlah bakteri jahat hingga menyembuhkan beragam penyakit.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah tersebut susu kambing etawa kini menjadi populer di kalangan penikmat susu dan mulai banyak di produksi dan beredar di pasaran Indonesia, salah satunya adalah produk susu kambing etawa merk Skygoat.

Nutrisi penting dalam susu kambing etawa

Ternak kambing etawa. Kredit gambar: budidayaperawatan.blogspot.com

Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh United State Departement of Agriculture (USDA) menunjukkan gizi susu kambing etawa mendekati komposisi sempurna ASI. Setiap 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4,5% karbohidrat, 134 gram kalsium dan 111 g fosfor. Komposisi kimiawi susu kambing etawa mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalori, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, vitamin A,B1 (IU), B2 (mg), B6, B12, C, D, E, Niacin, V, Asam Pantotenant, Kolin dan Inositol.

Anak yang mengkomsumsi susu kambing memiliki kepadatan tulang yang baik, kadar hemoglobin meningkat, serta kecukupan vitamin A, B1, B2 dan B3 yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel otak dan saraf. Asam amino yang mengandung unsur belerang metionin, sistin dan sistein penting untuk membangun kesehatan otak dan sistem saraf, serta berperan dalam pembentukan sel darah penawar racun (detoksifikasi) bahan bahan kimia berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.

Nutrisi penting dalam susu kambing etawa

1. Protein

Penelitian terbaru menunjukkan ‘intoleransi susu sapi’ sering disebabkan oleh protein yaitu protein Alpha S1 Kasein. Tetapi kandungan protein pada susu kambing etawa memiliki lebih sedikit protein dari pada susu sapi. Selain itu kandungan protein susu kambing etawa lebih baik dari pada telur. Tetapi beberapa protein dalam susu kambing ada yang mirip dengan susu sapi yang dapat menyebabkan reaktivitas silang, jadi jika anda memiliki riwayat alergi mintalah saran dari konsultan alergi atau spesialis alergi ahli gizi jika anda ingin mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin

2. lemak dan protein lebih mudah dicerna

Nutrisi penting dalam susu kambing etawa lainnya yaitu memiliki tekstur lemak yang lembut, halus, dan lebih kecil dibandingkan dengan susu sapi menjadikan susu kambing etawa lebih mudah cerna dan cepat diserap oleh tubuh. Sifat lainnya pada susu kambing etawa adalah bersifat homogen alami sehingga lebih mempermudah dicerna dan menekan timbulnya reaksi-reaksi alergi. Susu kambing etawa dapat dicerna oleh tubuh manusia dalam waktu 20 menit saja dibandingkan dengan susu sapi dalam waktu 2 sampai 3 jam.

3. Laktosa yang ringan

Proteinnya yang lembut dan laktosa yang ringan tidak menyebabkan diare sehingga dapat disimpulkan mengapa sebagian orang yang menkonsumsi susu sapi dengan intoleransi laktosa lalu beralih ke susu kambing etawa tidak mengalalmi lagi diare.

4. Ramah terhadap tekanan darah

Produk susu yang beredar di pasaran seperti susu kambing dan yoghurt kaya dengan kandungan kalsium, mineral diidikasikan penting untuk menurunkan tekanan darah. Pilih produk susu dengan rendah kandungan lemak jika khawatir dengan tekanan darah anda.

5. Sangat rendah kolesterol

Bagi anda yang sedang mengontrol kolesterol dari asupan lemak jenuh mengkonsumsi susu kambing etawa secara rutin sangat baik di bandingkan dengan susu sapi dikarenakan  susu kambing etawa memiliki kadungan kolesterol yang rendah

6. Tinggi kalsium

3 gelas susu kambing etawa mengandung lebih 100%  dari asupan kalsium untuk orang dewasa. Manfaat kalsium adalah untuk pengembangan dan pemeliharaan tulang dan gigi, melawan timbulnya osteoporosis dan membantu mengontrol berat badan.

7. Mineral esensial lainnya

Satu gelas (200ml) susu kambing etawa dapat memenuhi lebih dari seperempat (180mg) kebutuhan gizi anda. Nilai Referensi (NRV) fosfor (yang membantu membangun tulang dan gigi yang kuat dan melepaskan energi dari makanan), dan memenuhi kebutuhan yodium harian Anda (yang membantu menjaga kami tiroid dan tingkat metabolisme sehat) dan memberikan 340mg (17% NRV) dari potassium(terlibat dalam menjaga tekanan darah yang sehat dengan membantu untuk menumpulkan efek dari sodium).

8. Sebuah sumber vitamin utama

Satu porsi (200ml) susu kambing juga memberikan 13% dari NRV untuk vitamin B5 (asam pantotenat), yang diperlukan untuk pelepasan energi dari makanan dan 12% dari NRV biotin (B-vitamin yang penting untuk sistem saraf yang sehat).

9. Prebiotik

Susu kambing memiliki lebih oligosakarida dari pada susu sapi, dengan jumlah yang sama dengan susu manusia. Ini bertindak sebagai prebiotik dalam usus dan dapat membantu untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan mendorong pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan dan mencegah pertumbuhan bacteria22 berbahaya.

10. Bersifat Antiseptik dan Alkaline

Bersifat antiseptik (menyembuhkan) Kandungan Flourin pada susu kambing etawa Skygoat yang kadarnya 10-100 kali lebih besar dari pada susu sapi dapat menekan pembiakan bakteri dalam tubuh.

Bersifat basah (alkaline) ketika kita kelebihan asupan jumlah protein, gula, kafein dan segala macam jenis junk-food, maka tingkat pH tubuh kita akan menjadi terganggu, tubuh kita pun akan menjadi kecanduan sehingga mengarah kepada peningkatan berat badan dan penyakit. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan alkaline (bersifat basa) yang dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam darah. Alkaline food digunakan para ahli gizi untuk melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Itulah 10 nutrisi penting dalam susu kambing etawa yang saya ambil dari situs susukambing etawa dan harus anda ketahui manfaatnya, ini penting bagi anda yang ingin beralih dari susu sapi ke susu kambing etawa.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

88 − 83 =