5 Alasan mengapa susu rendah lemak tidak baik bagi kesehatan

5 Alasan mengapa susu rendah lemak tidak baik bagi kesehatan – Gaya hidup manusia yang semakin modern membuat anda akan memilih makanan dan minuman yang tersedia dalam kemasan. Salah satunya dengan membeli produk-produk susu yang berlabel rendah lemak. Tujuannya adalah untuk program diet agar berjalan mulus yang disebabkan oleh malas atau jarang berolah raga.

Kebanyakan produk susu yang dijual di Indonesia adalah susu sapi, susu sapi memang memiliki kadar lemak yang berlebih dan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam agar mampu diserap oleh tubuh. Mendukung program diet sebaiknya tidak mengesampingkan jenis susu lainnya, terutama susu kambing. Susu kambing sangat baik untuk mendukung program diet anda.

Kelebihan susu kambing adalah memiliki butiran lemak yang lebih halus dibandingkan dengan susu sapi. Butiran lemak susu kambing adalah sepersembilan butiran lemak susu sapi. Walaupun kadar lemak susu kambing lebih tinggi dari susu sapi, tetapi daya serap susu kambing lebih cepat dibandingkan dengan susu sapi. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap susu kambing hanya dalam waktu 20 menit saja.

Banyak sekali produk susu rendah lemak dijual di pasaran untuk mendukung program diet. Orang akan membelinya karena menganggap susu rendah lemak lebih sehat. Tetapi sangat disayangkan karena produk susu rendah lemak tersebut tidak lagi berfungsi secara optimal sebab ada sebagian zat/kandungan susu yang dibuang sehingga menjadikan produk susu tersebut tidak sehat atau nutrisi dan gizinya berkurang.

Inilah alasan mengapa susu rendah lemak tidak sehat untuk Anda

bahaya susu rendah lemak
Berikut ini kami sampaikan kerugian sering mengkonsumsi rendah lemak yang harus anda ketahui sebagaimana saya kutip dari artikel Dokter.id

1. Rendah vitamin A

Jika anda kekurangan vitamin A maka tubuh akan mengambil vitamin A dari hati sehingga tubuh akan kekurangan vitamin A. Jadi susu yang anda minum jika komposisi lemaknya dikeluarkan, kandungan vitamin A akan menurun drastis. Vitamin A dalah jenis vitamin yang larut dalam lemak.

2. Menurunkan fertilitas

Mengkonsumsi susu rendah lemak tidak akan mencukupi asupan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil. Banyak mengkonsumsi susu rendah lemak dapat menghambat ovulasi pada wanita. Sehingga sangat penting bagi anda untuk mendapatkan asupan dari produk susu utuh agar tidak ada kandungan vitamin yang hilang.

3. Penyebab terjadinya inflamasi di pembuluh darah

Mengkonsumsi produk susu rendah lemak cenderung membentuk produk nitrat solit yang dapat membentuk endapatan dan menyebabkan inflamasi pada pembuluh darah.

4. Kurang vitamin K

Susu rendah lemak tidak mengandung jumlah vitamin K yang memadai seperti susu biasa. Jika anda menginginkan tambahan vitamin K maka dianjurkan minum susu ini dengan mengkonsumsi sepotong keju. Tetapi dengan melakukan hal tersebut justru akan merusak tujuan awal meminum susu skim. Anda meminum susu skim dengan tujuan menurunkan berat badan, tetapi akan percuma jika Anda tidak mendapat tingkat vitamin K yang mencukupi.

5. Salah satu penyebab penyakit jantung

Saat lemak jenuh dikeringkan dari susu skim dengan tujuan mengurangi kadarnya dan memanaskannya dalam suhu sangat tinggi dan kemudian ditekan, maka banyak nutrisi akan rusak. Faktanya, kebanyakan aspek nutrisi dari susu, seperti lemak jenuh akan hilang karena proses ini, dan menyebabkan kolesterol tetap mengendap didalam arteri dan meningkatkan resiko terkena stroke dan serangan jantung.

Oleh karena itu penting diketahui mengenai bahaya susu rendah lemak bagi kesehatan. Alternatif lainnya jika anda tetap ingin menjalankan program diet pilihlah susu yang mengandung gizi, vitamin, dan nutrisi tinggi. Dan yang penting saat mengkonsumsi susu dapat membuat perut anda kenyang seperti susu kambing etawa. Sehingga anda tidak perlu makan terlalu banyak.

Tolong bantu share artikel ini ya...Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 50 = 56